Contoh Optimasi Kerja: Case Rumah Sakit 🏣

Hospital

Layanan rumah sakit termasuk layanan kesehatan, jadi lebih dominan faktor kepercayaan/Trust, dari pada faktor biaya. Maka dari itu, penting untuk dapat mengoptimasi layanan untuk dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan lama maupun menarik pelanggan baru.

Ketika berbicara layanan rumah sakit, 3 Faktor utama sebagai pintu masuk datangnya customer:

πŸ‘¨πŸ½β€βš•οΈ Ada dokter siapa aja di sana?
πŸ—“ ⏲ Praktek dokternya hari apa dan jam berapa?
βš™οΈ Ada layanan apa saja?

Untuk dapat mengcapture kebutuhan masyarakat terutama terkait 3 informasi ini, maka Rumah Sakit harus memastikan diri:
1️⃣ Memiliki jadwal dokter πŸ—“ ⏲ yang akurat dan bisa diakses masyarakat
2️⃣ Masyarakat bisa akses informasi dari berbagai channel: Website 🌐, Mobile Apps πŸ“±, Whatsapp Center βœ…, Call Center☎️
3️⃣ Masyarakat bisa booking layanan dari berbagai channel: Website, Mobile Apps πŸ“±, Whatsapp Center βœ…, Call Center ☎️
4️⃣ Memiliki sistem antrian yang jelas, agar masyarakat dapat datang sesuai dengan waktu estimasi layanan
5️⃣ Memiliki status dan tracking Antrian, baik via aplikasi maupun layar di depan ruangan πŸ–₯

Kenyataan yang ada saat ini, berdasarkan pengalaman berkunjung ke beberapa rumah sakit:
πŸ”΄ Ada List Dokter πŸ‘¨πŸ½β€βš•οΈ, tapi Tidak ada jadwal praktek yang jelas πŸ—“ ⏲
πŸ”΄ Tidak memiliki booking online otomatis via Whatsapp βœ…, Mobile Apps πŸ“± maupun Website 🌐
πŸ”΄ Booking online ditangani oleh Admin yang slow response
πŸ”΄ Sistem antrian yang tidak jelas, antara berdasarkan kedatangan maupun berdasarkan urutan booking
πŸ”΄ Tidak ada status urutan layanan πŸ–₯, yang bisa di lihat sendiri tanpa harus terus terusan tanya ke petugas

Dari case sederhana ini, kita dapat optimasi dengan mengumpulkan beberapa metrik penting:
– Ketersediaan infomasi yang akurat
– Channel apa saja yang sudah tersedia
– Kunjungan website dan menu yang diakses
– Panggilan ke call center
– Chat ke Whatsapp Center
– Success Rate (% Orang booking yang benar-benar datang)
– % Booking customer vs Walking Customer
– Ketepatan waktu (Jadwal vs Realisasi layanan)

Dari metrik-metrik tersebut nantinya bisa di olah, untuk diputuskan:
1. Perbaikan Proses Bisnis
2. Penghilangan Proses Bisnis
3. Penambahan proses bisnis baru

Apapun yang dilakukan, tetap mengacu pada 3Metrik utama pasa case pendaftaran ini: Kepuasan Pelanggan, Jumlah transaksi, dan Revenue

#OptimasiKerja
#OptimasiBisnis
#manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *