Layanan rumah sakit termasuk layanan kesehatan, jadi lebih dominan faktor kepercayaan/Trust, dari pada faktor biaya. Maka dari itu, penting untuk dapat mengoptimasi layanan untuk dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan lama maupun menarik pelanggan baru.
Ketika berbicara layanan rumah sakit, 3 Faktor utama sebagai pintu masuk datangnya customer:
π¨π½ββοΈ Ada dokter siapa aja di sana?
π β² Praktek dokternya hari apa dan jam berapa?
βοΈ Ada layanan apa saja?
Untuk dapat mengcapture kebutuhan masyarakat terutama terkait 3 informasi ini, maka Rumah Sakit harus memastikan diri:
1οΈβ£ Memiliki jadwal dokter π β² yang akurat dan bisa diakses masyarakat
2οΈβ£ Masyarakat bisa akses informasi dari berbagai channel: Website π, Mobile Apps π±, Whatsapp Center β
, Call CenterβοΈ
3οΈβ£ Masyarakat bisa booking layanan dari berbagai channel: Website, Mobile Apps π±, Whatsapp Center β
, Call Center βοΈ
4οΈβ£ Memiliki sistem antrian yang jelas, agar masyarakat dapat datang sesuai dengan waktu estimasi layanan
5οΈβ£ Memiliki status dan tracking Antrian, baik via aplikasi maupun layar di depan ruangan π₯
Kenyataan yang ada saat ini, berdasarkan pengalaman berkunjung ke beberapa rumah sakit:
π΄ Ada List Dokter π¨π½ββοΈ, tapi Tidak ada jadwal praktek yang jelas π β²
π΄ Tidak memiliki booking online otomatis via Whatsapp β
, Mobile Apps π± maupun Website π
π΄ Booking online ditangani oleh Admin yang slow response
π΄ Sistem antrian yang tidak jelas, antara berdasarkan kedatangan maupun berdasarkan urutan booking
π΄ Tidak ada status urutan layanan π₯, yang bisa di lihat sendiri tanpa harus terus terusan tanya ke petugas
Dari case sederhana ini, kita dapat optimasi dengan mengumpulkan beberapa metrik penting:
– Ketersediaan infomasi yang akurat
– Channel apa saja yang sudah tersedia
– Kunjungan website dan menu yang diakses
– Panggilan ke call center
– Chat ke Whatsapp Center
– Success Rate (% Orang booking yang benar-benar datang)
– % Booking customer vs Walking Customer
– Ketepatan waktu (Jadwal vs Realisasi layanan)
Dari metrik-metrik tersebut nantinya bisa di olah, untuk diputuskan:
1. Perbaikan Proses Bisnis
2. Penghilangan Proses Bisnis
3. Penambahan proses bisnis baru
Apapun yang dilakukan, tetap mengacu pada 3Metrik utama pasa case pendaftaran ini: Kepuasan Pelanggan, Jumlah transaksi, dan Revenue
#OptimasiKerja
#OptimasiBisnis
#manajemen
Contoh Optimasi Kerja: Case Rumah Sakit π£
